Pipa HDPE - Jenis, Fungsi, Kelebihan Dan Kekurangan

Table of Contents
Pipa HDPE - Jenis, Fungsi, Kelebihan Dan Kekurangan

Berbicara soal jenis pipa, nama pipa HDPE mungkin tidak asing lagi di telinga Anda. Pipa yang umum digunakan pada dunia industri rumah tangga ini terkenal akan berbagai kelebihan yang menyertainya.

Fungsi pipa HDPE adalah sebagai media perairan air bersih untuk keperluan rumah tangga. Spesifikasi pipa ini lebih unggul di atas pipa PVC. Begitu pula dengan tekanan yang mencapai lebih dari 10 bar. Pipa ini digolongkan menjadi berbagai macam jenis sesuai dengan kebutuhan penggunanya.

Pipa HDPE Berdasarkan Penggunaannya

Jenis Pipa HDPE berdasarkan penggunaan biasanya dibagi menjadi tiga macam kebutuhan antara lain:

Sebagai Saluran Pembangunan Air Bersih

Pipa HDPE untuk saluran pembuangan air bersih biasanya memiliki body dominan hitam. Ukuran pipa yang digunakan biasanya antara ½ inch atau lebih dari 24 inch.

Sebagai Pembangunan Saluran Gas

Jika digunakan untuk saluran gas, warna pipa ini biasanya berwarna kuning yang lebih dominan. Pipa ini juga sering dijadikan sebagai pelindung kabel karena materialnya sangat lentur.

Jenis Pipa HDPE Berdasarkan Pada Kebutuhan Tekanan

Jenis pipa HDPE berdasarkan pada kebutuhan tekanan dibedakan menjadi 5 macam antara lain:

Pipa PN-6,3

Pipa PN-6,3 memiliki tekanan lebih rendah dengan ukuran bervariasi antara 3 inch hingga 24 inch. Pipa ini tak tersedia dalam kemasan roll karena ketebalan dindingnya yang terlalu tipis.

Pipa PE-100 PN-8

Berbeda dengan pipa sebelumnya, pipa PE-100 PN-8 memiliki tekanan yang lebih besar. Pipa ini tersedia dalam ukuran mulai dari 2-½ inch hingga 24 inch. Pipa ini sangat baik untuk saluran air bersih dengan tekanan rendah juga tinggi.

Pipa PN-16

Pipa PN-16 merupakan pipa dengan ukuran mulai dari diameter ½ inch hingga 24 inch. Pipa ini memiliki tekanan amat besar dan tersedia dalam bentuk batang maupun roll.

HDPE PN-10

Spesifikasi pipa HDPE PN-10 biasanya digunakan pada perairan air bersih dengan tekanan. Pipa ini dapat Anda tekan hingga 10 kg/cm2 atau 10 bar. Diameter dari pipa ini terdiri dari 1-½ inch sampai 24 inch.

PE-100 PN-12,5

Pipa yang satu ini sangat cocok untuk digunakan pada saluran air dengan tekanan medium. Tingkat kekuatan dari pipa ini dapat mencapai 12 kg/cm2 atau 12.5 bar.
Cek juga: Mengenal Pipa PPR, Jenis Dan Keunggulannya
Pipa PE-100 PN-12,5 sangat cocok digunakan untuk keperluan rumah tangga, pertambangan dan fasilitas umum. Ia juga tersedia dalam dua tipe yaitu batang dan roll.

Jenis Pipa HDPE Berdasarkan Kemasan Produknya

Berdasarkan kemasannya, pipa ini dibedakan menjadi dua macam bentuk yaitu roll dan batang. Keduanya berperan dalam proses instalasi dan penyambungan. Berikut spesifikasi dari keduanya:

Pipa HDPE Batang

Jenis batang biasanya tersedia dalam ukuran 6 meter. Namun panjang pipa ini juga masih dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Biasanya berkisar antara 5.8, 11.8 dan 12 meter.

Untuk ukuran pipa batang terdiri mulai dari ukuran 1-½ inch sampai 24 inch. Untuk pemasangan, sambungan pipa HDPE jenis batang menggunakan metode butt fusion.

Pipa HDPE Roll

Pipa jenis roll mempunyai panjang antara 50 meter hingga ratusan meter untuk setiap gulungannya. Namun karena keterbatasan gulungan, pipa ini hanya tersedia dalam ukuran dan diameter sama yaitu hanya 4 inch.

Kelebihan Pipa HDPE

Berikut ini beberapa kelebihan pipa HDPE dibandingkan dengan pipa lain pada umumnya:

Anti Rembes

Dalam proses penyambungan, pipa ini menggunakan sistem pemanasan dengan tekanan tinggi. Ini yang kemudian membuatnya tidak mudah rembes dan sangat kuat.

Selain itu, ia juga termasuk pipa dengan permukaan halus sehingga air dapat mengalir dengan maksimal. Bahkan pipa ini tahan terhadap pertumbuhan organisme yang ada dalam saluran pipa.
Anti karat

Jenis pipa ini memiliki bahan material anti karat dan anti korosi. Ia juga mempunyai karakteristik baik dalam menghadapi water hammer. Pipa ini juga sangat mudah dalam proses pemasangan.

Keunggulan lain adalah ia tak memerlukan filter dalam maupun luar pada jenis air siap minum. Sehingga dengan demikian, air yang akan dikonsumsi tetap terjaga kemurniannya.

Biaya Instalasi Sangat Minim

Instalasi pipa ini tak membutuhkan biaya besar karena ia menggunakan teknologi non galian. Artinya, pipa ini dapat menyebrangi sungai dan menembus lapisan tanah.

Pipa ini juga tidak memerlukan fitting karena ia sangat fleksibel dan dapat ditekuk. Instalasinya juga hanya memerlukan peralatan yang lebih sedikit dibandingkan jenis pipa besi.

Harga Bersahabat

Soal harga, pipa HDPE ini tergolong murah dibandingkan dengan jenis pipa lainnya. Ini dikarenakan bahan dasar dari pembuatan pipa ini mudah ditemukan di Indonesia.

Berstandar SNI

Selain bahan utamanya mudah didapat, pipa HDPE juga terbuat dari material yang tidak menyebabkan pencemaran lingkungan. Tak salah jika ia menjadi jenis pipa dengan standar SNI.

Kekurangan Pipa HDPE

Karakteristik pipa HDPE ialah lebih lentur dan kuat dibandingkan pipa lain pada umumnya. Ia juga merupakan salah satu pipa yang telah berstandar food grade sehingga aman untuk berbagai peralatan rumah tangga.
Cek jugaFlange Pipa - Kegunaan, Jenis Dan Bahan Yang Digunakan
Namun meski demikian, pipa ini juga tak luput dari kekurangan. Berikut beberapa kekurangan yang dimiliki oleh pipa ini:
  • Sangat sensitif terhadap paparan sinar matahari
  • Tidak cocok untuk air panas
  • Tidak cocok untuk mengalirkan limbah
  • Permukaan pipa sangat licin pada suhu yang rendah
Itulah tadi pembahasan seputar pipa HDPE lengkap dengan kelebihan dan kekurangannya. Ingat untuk selalu menggunakan pipa yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan tentunya telah berstandar SNI.