Mengenal Pipa PPR, Jenis Dan Keunggulannya

Table of Contents

Pipa PPR atau Polypropylene Random adalah pipa minyak bumi yang cukup terkenal di Indonesia. Pipa ini memiliki ketahanan yang baik terhadap berbagai macam kontaminasi dari bahan-bahan kimia.

Spesifikasi pipa PPR ini adalah tahan terhadap temperatur suhu rendah maupun tinggi serta kuat menahan tekanan. Pipa yang satu ini biasanya digunakan untuk pengairan makanan liquid anti karat atau air siap minum. Di Indonesia sendiri, pipa ini diproduksi dengan ciri khas body berwarna hijau.

Kegunaan Pipa PPR

Pipa ini umumnya tersedia dengan diameter ½ inch hingga 6 inch dengan panjang mencapai 4 meter. Biasanya digunakan untuk berbagai keperluan seperti berikut ini:
  • Digunakan untuk air conditioner atau saluran pendingin
  • Digunakan sebagai perairan air minum atau makanan cair
  • Digunakan untuk kegunaan pada instansi rumah sakit, hotel dan lain-lain
  • Digunakan untuk kebutuhan pertanian
  • Digunakan untuk saluran pada cairan agresif atau kimia asam
  • Digunakan untuk saluran tekanan udara

Jenis-Jenis Pipa PPR

Pipa ini memiliki fungsi untuk mengalirkan fluida baik gas maupun cair. Jenis pipa PPR dibedakan menjadi berbagai macam antara lain sebagai berikut:

PN 16

Pipa PN 16 biasa digunakan untuk mengairi air dengan temperatur panas. Untuk memaksimalkan penggunaan, sebaiknya pada bagian saluran pipa tidak terdapat tekanan. Jika memang bertekanan baik digunakan untuk air dingin.

PN 10

Pipa PN 10 memiliki tekanan medium atau bisa dikatakan sangat rendah dibandingkan versi sebelumnya. Pipa ini memiliki daya tekan dengan kekuatan hingga 10 bar.

Pipa PN 10 sangat cocok untuk digunakan pada fluida air dingin dengan tekanan sangat rendah. Harga pipa PPR PN 10 tergantung pada ukurannya, semakin besar ukuran, maka akan semakin mahal harganya.

PN 22

Pipa PPR PN 22 ini sangat unggul dari segi kualitas. Sesuai dengan namanya, produk ini dapat menahan tekanan hingga 22 bar. Sehingga sangat cocok untuk digunakan pada saluran air panas.

Produk ini memiliki dinding pipa yang sangat tipis dibandingkan produk pada umumnya. Dengan ini, ia dapat mengoptimalkan debit atau laju air dalam setiap meter perseginya.
Cek jugaPipa PVC - Fungsi, Jenis, Kelebihan Dan Kekurangan

PN 20

Untuk Anda yang mencari jenis pipa yang cocok untuk air bersuhu dan bertekanan tinggi, pipa PPR 20 adalah jawabannya. Pipa ini umumnya digunakan untuk perairan air panas dan dingin pada rumah tangga atau perhotelan.

Keunggulan Pipa PPR

Keunggulan pipa PPR ini antara lain sebagai berikut:

Bahan Awet Dan Tidak Mudah Bocor

Salah satu keunggulan pipa ini adalah terbuat dari bahan yang tidak mudah retak dan bocor. Selain itu, produk ini juga diklaim sangat awet dengan ketahanan hingga 50 tahun.

Mengapa bertahan hingga 50 tahun? Karena ia menggunakan bahan yang memiliki tingkat keretakan sangat rendah. Selain itu, produk ini juga sangat lentur dan kuat.

Ramah Lingkungan

Pipa PPR merupakan pipa yang ramah lingkungan dan dapat di daur ulang. Ia juga bebas korosi sehingga tidak berdampak pada pencemaran fluida atau pencemaran terhadap lingkungan sekitar.

Memiliki Bobot Yang Super Ringan

Keunggulan lain yang dimiliki oleh pipa PPR adalah pada bobotnya yang sangat ringan. Sehingga sangat memudahkan dalam proses angkat sangat mudah bahkan tanpa perlu bantuan.

Hemat Dalam Biaya Perawatan

Keunggulan lainnya dari pipa ini adalah ia mempunyai tingkat kerusakan yang sangat rendah. Sehingga ia dapat menghemat biaya perawatan termasuk penggantian pipa baru.

Selain itu, proses instalasi dari produk ini sangat mudah dan dilakukan dengan teknik welded. Teknik yang artinya dilelehkan ini minim terhadap berbagai risiko seperti rembes atau kebocoran.

Daya Hantar Temperatur Panas Sangat Rendah

Pipa ini memiliki sifat lambat terhadap temperatur air panas. Ini adalah standar yang harus dimiliki oleh produk pipa khusus air panas. Jadi Anda tak perlu khawatir saat menggunakan pipa ini untuk aliran air panas.

Tahan Gempa

Lantaran sifat lentur yang dimilikinya, pipa ini sangat tahan terhadap guncangan gempa. Selain itu, ia juga dapat meredam kebisingan air yang biasanya terjadi di dalam saluran pipa.
Proses penyambungan sangat baik

Terakhir, pipa PPR memiliki keunggulan dalam hal penyambungan. Penyambungan dari pipa tergolong sempurna dengan menggunakan alat bernama welding machine.

Penyambungan dengan cara di atas, memungkinkan Anda untuk mendapatkan hasil yang sempurna. Selain itu, produk ini juga didukung oleh aksesoris pipa yang membantu penyambungan semakin sempurna.

Cara Penyambungan Pipa PPR

Dalam metode penyambungan pipa PPR biasanya menggunakan berbagai macam metode. Namun metode yang paling sering digunakan adalah metode polyfusion dan metode electrofusion. berikut penjelasan dari keduanya.

Dengan Metode Polyfusion

Metode ini biasa digunakan pada pipa dengan diameter yang sama atau paling tidak di bawah angka 2 inch. Metode penyambungan pipa ini tidak dilakukan secara manual melainkan menggunakan alat bernama welding machine.

Welding machine ini umumnya terdiri dari berbagai macam bagian seperti matrice, pemotong pipa dan centering unit. Tak hanya itu, masih ada alat lain seperti assembly jig, spidol, lap, kunci L6 dan gunting.

Dengan Metode Electrofusion

Metode kedua ini hampir sama dengan proses pemasangan pipa HDPE. Dimana ia membutuhkan aksesoris atau alat khusus electro fusion. Harga alat ini tergolong cukup mahal.

Dalam satu set mesin penyambung terdiri dari gunting pemotong pipa, kain lap. Selain itu, masih ada alat lain seperti power supply welding machine, penggaris dan spidol.

Demikian penjelasan mengenai pipa PPR. Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa membantu Anda memahami jenis, fungsi, dan keunggulan dari pipa satu ini.