Mengenal Pipa Besi Hitam Kegunaan Hingga Plus Minusnya

Table of Contents
Mengenal Pipa Besi Hitam Kegunaan Hingga Plus Minusnya

Dalam dunia konstruksi terutama saluran pembuangan, dikenal berbagai jenis pipa yang punya fungsi masing-masing. Salah satunya adalah pipa besi hitam yang mungkin kurang populer, karena peruntukannya yang terbatas. Untuk mengetahui segala sesuatu tentang pipa yang satu ini, simak informasi lengkapnya berikut.

Apa Itu Pipa Besi Hitam

Secara umum pipa besi yang berwarna hitam ini adalah pipa yang terbuat dari baja ringan yang masuk dalam kelas rendah dan memang berwarna hitam. Warna tersebut asalnya dari oksida besi yang tercipta saat pembuatannya, dan terlihat jelas pada permukaan pipa.

Bentuknya yang silinder dan dengan panjang tertentu menjadi media untuk mengalirkan berbagai jenis material. Baik untuk kebutuhan rumahan atau pabrik, Anda bisa menemukannya di berbagai toko konstruksi atau perpipaan. Harganya juga relatif beragam, sesuai dengan ketebalan dan panjangnya.

Kegunaan Pipa Besi Hitam

Di dunia konstruksi, pipa besi hitam punya banyak kegunaan. Baik untuk rangka bangunan hingga menyalurkan berbagai jenis material. Untuk lebih lengkapnya, Anda tinggal lihat daftar ini.
Saluran material

Kegunaan utama dari pipa ini adalah mengalirkan limbah terutama gas jenis propana yang dihasilkan dari berbagai kegiatan rumah tangga. Sedangkan untuk pabrik dan industri, digunakan untuk mengalirkan bahan bakar tertentu, oli maupun sejumlah jenis minyak.
Cek juga: 11 Jenis Valve Pipa Besi Beserta Fungsinya

Furniture

Bangunan dengan gaya industrial banyak menggunakan pipa jenis ini, karena banyaknya ukuran pipa besi hitam yang bisa dipilih. Contohnya membuat kursi besi dengan tampilan unik, dan diberi warna sesuai keinginan. Karena pipa ini bisa dilapisi cat besi warna apa saja, sehingga terlihat lebih indah.
Pagar

Karena ketahannya pada tekanan yang cukup tinggi, maka banyak juga yang menggunakannya sebagai pagar atau tiang pagar rumah. Sama halnya dengan furniture, tinggal memberi cat yang tahan air dan panas maka pagar akan awet dan tahan lama, termasuk tahan terhadap karat.

Rangka Atap

Pada rangka atap rumah hunian personal atau bisnis pipa ini juga bisa dijadikan produk pelengkap bagian atap. Khususnya sebagai saluran air hujan agar tidak merembes ke bagian dalam rumah atau ke bawah, yang akan berakibat membuat dinding lembab dan berjamur.

Anda tinggal memilih ukuran pipa yang tebal dan diameter besar, agar aliran air bisa lancar tanpa hambatan. Sesuai pengalaman orang yang sudah menggunakannya, ketahanan pipa ini lebih maksimal jika dibandingkan jenis pipa lain termasuk pipa galvanis.

Kelebihan Pipa Besi Hitam

Setelah mengetahui kegunaan utama dari pipa hitam ini, selanjutnya kita akan mengetahui apa kelebihannya. Yang pasti tidak semua jenis pipa memiliki kelebihan tersebut. Sehingga Anda semakin yakin untuk menggunakannya sesuai kebutuhan.

Tahan Lama

Jika dibandingkan pipa lain memang lebih tahan lama, bahkan untuk penggunaan di daerah kota bisa mencapai 25 tahun lebih. Sedangkan penggunaan di daerah pedesaan lebih lama yaitu 50 tahun lebih. Hal itu tergantung kondisi udara hingga polusi yang terjadi di lingkungan tempat pipa digunakan.

Murah

Kenapa murah? Karena proses pembuatannya tergolong mudah dan cepat, cukup menggunakan satu mesin saja dan sebuah pipa berkualitas warna hitam sudah bisa dihasilkan. Selain itu bahan pembuatan yang juga mudah didapat, menjadi alasan berikutnya yang menyebabkan harga pipa ini jadi murah.

Kuat

Pipa berwarna hitam ini juga terkenal sangat kuat, tahan banting dan tidak mudah pecah. Sebab terbuat dari material baja kokoh. Bahkan ketika Anda memuatnya dalam kondisi berdempetan tidak akan membuatnya rusak, walau harus menempuh perjalanan jauh.

Begitu juga ketika diaplikasikan pada berbagai kondisi, baik sebagai pagar hingga saluran material tertentu. Kekuatannya akan semakin teruji, Anda akan makin menyukai pipa jenis ini.

Tidak Berkarat

Karena material pembuatannya yang berkualitas, pipa ini tidak akan mudah berkarat. Meskipun digunakan untuk mengalirkan berbagai jenis material mulai dari air, gas hingga udara.

Makanya semakin banyak yang menggunakannya untuk berbagai keperluan, terutama yang berorientasi untuk konstruksi jangka panjang.

Kekurangan Pipa Besi Hitam

Disamping kelebihannya yang membuat takjub, Anda juga perlu tahu apa kekurangan dari jenis pipa ini. Sehingga saat digunakan bisa disiasati agar tidak merugikan. salah satunya adalah semakin sulit dicari akibat banyak sekali yang menggunakannya.

Jadi harus melakukan pemesanan terlebih dahulu sebelum mendapatkan produk tersebut. Tapi memang kekurangannya tidak terlalu banyak, makanya masih sangat jadi idola dalam dunia konstruksi hingga saat ini.

Tips Memilih Pipa Besi Hitam

Untuk mendapatkan pipa dengan kualitas terbaik dan harga lebih murah jika dibandingkan harga pipa besi tipis dan pipa jenis lain, Anda harus mengetahui tips memilih pipa hitam terlebih dahulu. Berikut ini bocorannya.

Survey Merek

Lakukan survei terlebih dahulu terkait merek pipa besi ini, karena produsennya tidak hanya satu. Beda produsen tentu akan beda pula kualitas hingga harganya, jadi pastikan Anda punya beberapa referensi sebelum memilih pipa terbaik.

Sesuaikan Dana dan Kebutuhan

Walaupun harganya murah, tapi Anda tetap harus mempertimbangkan harga dari pipa yang akan dibeli. Sesuaikan dengan jumlah pipa yang dibutuhkan, jika bisa berhemat kenapa tidak!

Seberapa Kuat Menahan Beban

Beda ukuran dan panjang akan beda kekuatan pipa dalam menahan beban. Jadi pastikan juga Anda mengetahui kemampuan dari masing-masing ukuran pipa, dan sesuaikan dengan kebutuhan.

Karena pipa yang akan digunakan untuk furniture, akan berbeda ketahanan dan kemampuan yang dibutuhkan dengan pipa yang dipakai untuk tiang pagar atau rangka atap perumahan.

Itulah informasi lengkap seputar pipa besi hitam yang harus Anda ketahui, sebelum memutuskan untuk menggunakannya. Yang jelas pipa ini memang punya banyak keunggulan yang bisa dimanfaatkan, tinggal bagaimana Anda memilih yang tepat agar manfaatnya benar-benar terasa secara maksimal.