8 Jenis Sambungan Pipa PVC

Table of Contents
8 Jenis Sambungan Pipa PVC
Pipa saat ini sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari terutama untuk menyalurkan maupun membagi aliran air. Bentuk pipa yang lurus bisa dibuat sesuai dengan arah aliran air jika menggunakan sambungan pipa PVC. 

Secara umum sambungan untuk pipa PVC dibagi menjadi 8 dimana masing-masing memiliki fungsi berbeda-beda. Jika Anda ingin menggunakan sambungan untuk pipa PVC sebaiknya ketahui betul jenis sambungan yang dibutuhkan.

Sambungan Pipa PVC

Dibawah ini ada 8 jenis sambungan yang sering digunakan pada pipa PVC sesuai fungsinya.

1. Socket

Sambungan pada pipa PVC yang utama yaitu socket karena fungsinya sangat penting sebagai sambungan. Socket memiliki fungsi untuk menyambungkan pipa secara lurus agar lebih panjang sesuai kebutuhan. Biasanya socket digunakan untuk menyambungkan pipa dari ukuran dan jenisnya yang sama.
Cek juga: Mengenal Pipa Besi Hitam dan Kegunananya
Jadi kalau Anda membutuhkan pipa yang panjang maka bisa memilih menyambungkannya dengan menggunakan sambungan socket. Penggunaannya sangat simpel dan mudah juga anti bocor untuk pipa PVC.

2. Elbow

Elbow berbeda dengan sambungan pipa lurus socket, dimana fungsinya untuk membelokkan arah air. Masyarakat sering menyebut sambungan elbow sebagai sambungan L pada pipa PVC. Elbow dibedakan menjadi tiga jenis berdasarkan tingkat derajat belokannya, yaitu
  • Sambungan elbow 90 derajat.
  • Sambungan elbow 45 derajat.
  • Sambungan elbow yang memiliki drat luar atau dalam.

3. Tee Stuck

Jika Anda membutuhkan sambungan pada pipa untuk membagi dua arah aliran air maka bisa memilih sambungan Tee Stuck. Sambungan jenis ini lebih dikenal dengan sambungan T karena memang mirip bentuknya seperti huruf T.

Sangat efektif digunakan jika ingin membagi air atau membelokkan air menjadi dua arah ke kiri dan ke kanan. Beberapa jenis dari sambungan Tee Stuck ini dibuat agak sedikit melenceng dengan model Y.

4. Cross

Sambungan pipa paralon yang satu ini berbeda lagi karena dibagi menjadi tiga arah yaitu kanan, kiri dan tengah. Anda tidak perlu takut menggunakan cross karena ketiga arah sambungan memiliki tekanan yang sama. Jadi air yang mengalir ke kanan, ke kiri dan ke tengah tidak ada perbedaan sama sekali.

Namun ketika menggunakan sambungan cross sebaiknya lakukan pengecekan berkali-kali untuk memastikan kualitas. Karena sambungan cross rawan kebocoran mengingat harus dibagi menjadi tiga sisi jadi harus di cek dulu.

5. Reducer

Mungkin Anda pernah mendengar ada yang namanya sambungan reducer untuk pipa PVC. Fungsi dari pipa yang satu ini adalah untuk menyambungkan dua pipa dengan diameter atau lebar berbeda. Jadi secara umum sebenarnya reducer memiliki fungsi yang mirip dengan sambungan socket.

Sambungan reducer sendiri terbagi menjadi dua tipe, yaitu :

  • Reducer elbow fungsinya untuk membelokkan aliran air sekaligus memperkecil.
  • Reducer socket fungsinya untuk menyambungkan pipa PVC yang lurus dan memperkecil aliran air.

6. Adapter

Memilih sambungan untuk pipa PVC memang tidak boleh sembarangan mengingat fungsi dari jenis sambungan berbeda. Adapter merupakan salah satu bentuk sambungan pipa paralon yang dapat menghubungkan dua pipa.

Keunggulannya yaitu dapat menyambungkan pipa lebih dari dua dengan diameter atau ukuran berbeda. Sehingga tidak heran jika sambungan adapter banyak dipilih sebagai solusi dalam menyambungkan pipa PVC.

7. Penutup

Seperti namanya penutup merupakan salah satu sambungan yang memiliki fungsi untuk menutup pipa. Bisa digunakan untuk menutup ujung aliran pipa yang tidak digunakan atau disambung lagi. Bisa juga untuk menutup sambungan pada pipa PVC empat arah ataupun berbagai sambungan lainnya.

Bahkan ada jenis penutup cap yang berfungsi menutup pipa secara permanen dan tidak akan mungkin bisa dibuka lagi. Anda tidak perlu khawatir jika menggunakan penutup pipa karena dijamin kuat dan tidak bocor.

8. Nipple

Jenis sambungan untuk pipa PVC yang terakhir diketahui adalah jenis sambungan nipple. Fungsi dari nipple adalah untuk mengencangkan pipa yang memang Anda gunakan atau sambungkan. Umumnya nipple digunakan lebih dari sambungan empat arah dan bentuknya berupa segi enam.

Sambungan pada pipa PVC memang sangat dibutuhkan untuk berbagai tujuan dalam membuat aliran air perhatikan juga kebutuhan Anda sesuai dengan harga pipa yang di inginkan. Dalam memilih sebuah sambungan tentu tidak boleh sembarangan dan harus memahami betul jenis-jenisnya. 8 jenis sambungan pipa PVC merupakan jenis umum yang memiliki fungsi berbeda-beda untuk digunakan.