Elbow Pipa - Fungsi, Jenis Dan Cara Menentukan Sudutnya

Table of Contents
Elbow Pipa - Fungsi, Jenis Dan Cara Menentukan Sudutnya

Dalam membangun rumah maupun gedung, pipa merupakan komponen penting yang berfungsi untuk mengalirkan fluida. Terdapat banyak sekali jenis pipa yang bisa seperti pipa air, pipa udara, pipa minyak dan lainnya. Komponen penting pada sistem pipa ialah elbow pipa yang berbentuk melengkung.

Fungsi Elbow

Kegunaan elbow ini ialah untuk membuat pipa menjadi lurus karena memiliki bagian sudut. Elbow terdiri dari bermacam macam jenis dan juga bahan yang memenuhi berbagai kebutuhan pengguna.

Biasanya, pemilihan elbow juga dipengaruhi oleh jenis pipa yang akan digunakan. Berikut ini ialah beberapa fungsi elbow dalam kehidupan sehari hari;

Mencegah Terjadinya Kebocoran Pada Pipa

Belokan maupun sudut yang akan dilalui oleh pipa memiliki ukuran yang berbeda sehingga dibutuhkan elbow yang tepat. Untuk menghubungkan pipa maka dibutuhkan elbow agar pipa lebih aman. Penggunaan elbow ini bisa dimanfaatkan untuk mencegah terjadinya kebocoran pada penghubung pipa. 

Membuat Aliran Air Menjadi Lebih Lancar

Masyarakat awam menyebut elbow ini sebagai sambungan “L” yang memiliki fungsi untuk membelokkan aliran air sehingga lebih lancar. Komponen elbow sangat penting untuk membuat penyaluran air menjadi lebih lancar meskipun jalannya berkelok kelok.

Membuat Sistem Ventilasi Udara

Tidak hanya untuk membuat aliran air, penggabungan PVC dengan elbow juga bisa dimanfaatkan dalam sistem ventilasi udara. Elbow sendiri dalam penggunaannya tidak membutuhkan lapisan tambahan untuk menggabungkan pipa.

Karena siku yang dimiliki bisa disekrup untuk menggabungkan satu pipa dengan pipa lainnya. Keunggulan dari elbow pipa ini ialah mudah dipotong dan memiliki ukuran yang ringan.

Jenis Jenis Elbow Pipa Berdasarkan Bahan Pembuatnya

Dari bahan yang digunakan, elbow memiliki beberapa jenis sesuai dengan kebutuhan masing masing. Berikut ini ialah beberapa pilihan elbow yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Elbow Stainless

Jika elbow digunakan untuk sistem kendaraan, maka jenis yang cocok ialah elbow pipa stainless. Fungsi elbow pada kendaraan ialah untuk membuat sistem pembuangan menjadi lebih baik dan lancar. Di pasaran terdapat berbagai jenis elbow stainless yang memiliki harga murah hingga mahal tergantung kualitas

Penggunaan elbow stainless steel biasanya digunakan untuk pemasangan alat berat. Dengan dilas dengan pipa lain, maka pemasangan pipa bisa menjadi lebih kuat dan permanen. Elbow dengan bahan stainless dipercaya dapat membuat pemasangan pipa menjadi lebih aman serta tahan lama.

Elbow Besi

Selain jenis elbow stainless, terdapat pula jenis elbow lainnya yang tak kalah kuat yang terbuat dari besi. Kegunaan dari elbow pipa besi ini serupa dengan elbow stainless dan juga memiliki ketahanan serupa. Elbow Besi ini juga sering digunakan untuk pemasangan alat berat.

Membuat aliran air menjadi lebih cepat pada air yang memiliki kecepatan tinggi juga bisa memanfaatkan elbow besi. Sehingga saat debit air tinggi, maka pipa akan tetap kuat dan meminimalisir terjadinya kebocoran pipa.

Elbow Plastik

Bahan bahan lain yang biasa digunakan untuk membuat elbow ialah plastik. Harga elbow plastik biasanya lebih murah dibandingkan dengan jenis elbow lainnya. Namun memang, ketahanannya tidak sekuat elbow stainless maupun elbow besi.

Biasanya elbow plastik digunakan untuk membuat aliran air yang sederhana seperti membuat tempat cuci tangan di berbagai tempat umum. Tidak memerlukan bahan yang kuat seperti besi, namun dengan plastik aliran ini menjadi lebih lancar dengan harga murah.

Jenis Elbow Pipa Berdasarkan Sudut

Seperti telah dibahas sebelumnya, terdapat sudut pada elbow pipa yang berfungsi untuk membelokan fluida. Terdapat dua jenis sudut yang paling banyak digunakan yakni elbow pipa 45 derajat dan 90 derajat. Namun, bukan berarti Anda tidak bisa mendapatkan sudut selain 45 dan 90 derajat.

Cara Mendapatkan Sudut Elbow Pipa yang Tepat

Untuk mendapatkan sudut lain, maka diperlukan berbagai metode sehingga mendapatkan pengukuran yang tepat. Biasanya untuk memperoleh sudut yang tepat dilakukan penggabungan 2 elbow atau bahkan pemotongan elbow sampai sudut tertentu.

Terdapat dua tipe elbow yang ditemukan dipasaran yakni tipe long radius serta short radius. Pada umumnya digunakan elbow tipe long radius yang memiliki diameter belokan 1.5 kali lebih besar daripada ukuran normalnya.

Cara menghitung radius elbow ialah dengan mengalikan nominal diameter pipa dengan 1.5. Misalkan menghitung pipa yang memiliki diameter 3” maka radiusnya ialah 3 dikali 1.5 = 4.5 “. Hal yang harus diingat ialah yang dikalikan adalah nominal diameter dari pipa bukan actual diameter pipa.

Pada umumnya, setiap elbow memiliki diameter masukan dan keluaran yang sama, meskipun ada pula yang berbeda dan sering disebut reducing elbow.

Tips Menentukan Elbow Pipa Yang Tepat

Pada pemasangan pipa PVC dibutuhkan sambungan elbow pipa yang tepat sehingga membuat aliran menjadi lebih lancar. Seperti telah dibahas, terdapat berbagai macam jenis elbow mulai dari bahan hingga ukuran. Berikut ini ialah beberapa tips penting saat memilih elbow pipa yang tepat. 

Sesuaikan dengan kebutuhan dan biaya

Terdapat banyak variasi jenis serta harga sambungan yang mudah ditemukan dipasaran. Terdapat tipe kualitas standar, medium hingga premium yang memiliki harga berbeda beda.

Jika pipa yang digunakan ialah tipe medium, maka sebaiknya gunakan sambungan pipa dengan kualitas yang sama. Dalam satu merk saja, terdapat beberapa tipe yang ditawarkan dan Anda harus menyesuaikan dengan kebutuhan serta budget yang dimiliki.

Tentukan Bahan yang Tepat

Elbow terdiri dari berbagai jenis bahan yang sudah disinggung sebelumnya, setiap bahan yang digunakan berbeda beda. Pilihlah jenis elbow yang tepat sehingga pemasangan pipa bisa lebih lancar sesuai dengan kebutuhan.

Jika elbow dibutuhkan untuk kendaraan maupun sistem berat lainnya, maka pilihlah bahan yang kuat. Diantaranya ialah menggunakan elbow dari bahan besi ataupun bahan stainless.

Adapun jika pipa dibuat untuk saluran air standar yang tidak memiliki beban berat maka Anda bisa menggunakan bahan lain. Pilihan elbow yang terbuat dari kuningan ataupun plastik cukup untuk membuat aliran air menjadi lebih lancar.

Pemilihan bahan yang tepat harus dilakukan sehingga pemasangan pipa bisa menjadi lebih aman dan kuat. Hal ini dilakukan untuk menghindari berbagai kerusakan maupun kebocoran yang dapat terjadi dan merusak sistem aliran secara keseluruhan.

Selain pemilihan pipa yang tepat, pemilihan sambungan pipa juga harus diperhatikan. Saat memilih elbow pipa perhatikan berbagai jenis serta ukuran yang ada. Sesuaikan dengan kebutuhan Anda sehingga pembuatan sistem air maupun pembuangan bisa menjadi lebih aman dan tahan lama.